14 Feb 2014

Parade Superhero DC Comics

Setelah membahas tentang petugas penegak keadilan di dunia nyata, yaitu polisi, sekarang saya ingin membuat catatan tentang para penegak keadilan di dunia hiburan, yaitu superhero. Meskipun saya sangat mencintai kebudayaan negeri sendiri, terutama wayang, namun saya juga tidak menutup diri untuk mengenal budaya mancanegara, terutama yang bertemakan superhero tersebut. Sejak kecil, saya sangat menggemari film-film tentang aksi para jagoan super dalam memberantas kejahatan, terutama Batman yang menjadi superhero favorit saya.


Nah, berikut saya akan menyajikan beberapa jagoan super yang pernah diterbitkan DC Comics, salah satu perusahaan komik terbesar di Amerika. Cukup “beberapa” saja yang saya sajikan dan saya urutkan berdasarkan tahun penerbitannya, karena tidak mungkin untuk menyajikan semua superhero produksi perusahaan ini karena jumlahnya bisa mencapai ratusan karakter.



Superman

Memiliki nama asli Kal El yang berasal dari Planet Krypton dan memakai nama bumi Clark Kent. Terbit pertama kali pada April 1938, yang diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster pada 1933. Versi lain memiliki nama asli Kal L yang dilukiskan lebih tua daripada Kal El. Dapat dikatakan Superman ini adalah superhero paling populer di seluruh dunia.



Batman

Memiliki nama asli Bruce Wayne, terbit pertama kali pada Mei 1939, yang diciptakan oleh Bob Kane dan Bill Finger. Ia dikisahkan sebagai yatim piatu kaya raya dari Kota Gotham yang memiliki kejeniusan tinggi dan menguasai pengetahuan teknologi, serta ahli bela diri ala ninja.



Flash

Versi pertama memiliki nama asli Jay Grick, terbit pertama kali pada Januari 1940, yang diciptakan oleh Gardner Fox dan Harry Lampert. Versi kedua memiliki nama asli Barry Allen, diciptakan oleh Robert Kanigher, John Broome, dan Carmine Infantino yang terbit pada Oktober 1956.



Hawkman

Terbit pertama kali pada Januari 1940, diciptakan oleh Gardner Fox dan Denise Neville. Nama asli tokoh ini adalah Carter Hall yang merupakan reinkarnasi Pangeran Khufu dari Mesir Kuno.



Robin

Awalnya adalah anak angkat dan pasangan Batman yang memiliki nama asli Dick Grayson, terbit pertama kali pada April 1940, dan diciptakan oleh Bob Kane, Bill Finger, dan Jerry Robinson. Versi selanjutnya antara lain memiliki nama asli Jason Todd, Tim Drake, dan Damian Wayne.



Doctor Fate

Memiliki nama asli Kent Nelson, terbit pertama kali pada Mei 1940, yang diciptakan oleh Gardner Fox dan Howard Sherman. Versi lainnya memiliki nama asli Eric Strauss, Inza Nelson, Jared Stevens, Hector Hall, Kent V. Nelson, dan Khalid bin Hassin.



Green Lantern

Versi pertama memiliki nama asli Alan Scott, terbit pertama kali pada Juli 1940, yang diciptakan oleh Martin Nodell dan Bill Finger. Versi kedua yang cukup terkenal adalah Hal Jordan, diciptakan John Broome dan Gil Kane pada Oktober 1959. Versi selanjutnya antara lain adalah Guy Gardner, John Stewart , dan Kyle Rayner.



Starman

Memiliki nama asli Ted Knight, terbit pertama kali pada April 1941, yang diciptakan oleh Gardner Fox dan Jack Burnley . Versi selanjutnya memiliki nama asli David Knight dan Jack Knight.



Aquaman

Terbit pertama kali pada November 1941, diciptakan oleh Paul Norris dan Mort Weisinger. Ia merupakan superhero bawah laut yang berasal dari negeri Atlantis. Versi selanjutnya memiliki nama asli Arthur Curry.



Green Arrow

Memiliki nama asli Oliver Quinn, terbit pertama kali pada November 1941, yang diciptakan oleh Morton Weisinger dan George Papp. Ia dikisahkan sebagai pengusaha kaya yang terdampar di pulau kosong dan bertahan hidup dengan mengasah keterampilan memanah. Setelah kembali ke kota, ia menjadi penumpas kejahatan dengan bersenjatakan panah berteknologi tinggi.



Wonder Woman

Terbit pertama kali pada Desember 1941, diciptakan oleh William Marston. Ia dikisahkan berasal dari bangsa Amazon dan memiliki nama asli Diana of Themyscira, yang memakai nama samaran Diana Prince.



Black Canary

Terbit pertama kali pada Agustus 1947, diciptakan oleh Robert Kanigher dan Carmine Infantino. Versi pertama memiliki nama asli Dinah Drake Lance yang ahli dalam bela diri judo, sedangkan versi kedua adalah putrinya yang bernama Dinah Laurel Lance.



Martian Manhunter

Memiliki nama asli J’onn J’onzz, terbit pertama kali pada Agustus 1953, yang diciptakan oleh Joseph Samachson dan Joe Certa. Ia merupakan superhero yang berasal dari Planet Mars.



Supergirl

Terbit pertama kali pada Mei 1959, diciptakan oleh Otto Binder dan Al Plastino. Ia merupakan sepupu Superman versi Kal El yang memiliki nama asli Kara Zor El dan memakai nama bumi Linda Lee. Selain itu ada pula beberapa versi lain tentang Supergirl.


Batgirl

Terbit pertama kali pada April 1961, diciptakan oleh Bill Finger dan Sheldon Moldoff. Versi pertama dan yang paling terkenal memiliki nama asli Barbara Gordon, putri komisaris polisi yang selalu bekerja sama dengan Batman. Versi lain memiliki nama asli Stephanie Brown dan Cassandra Cain.



Dream Girl

Terbit pertama kali pada Februari 1964, diciptakan oleh Edmond Hamilton dan John Forte. Ia memiliki nama asli Nura Nal, yang berasal dari Planet Naltor dengan kemampuan meramalkan kejadian di masa depan.



Zatanna

Memiliki nama lengkap Zatanna Zatara, terbit pertama kali pada Oktober 1964, yang diciptakan oleh Gardner Fox dan Murphy Anderson. Ia merupakan superhero wanita dengan kemampuan sulap dan ilusi.



Power Girl

Terbit pertama kali pada Januari 1976, diciptakan oleh Gerry Conway, Ric Estrada, dan Wally Wood. Ia merupakan sepupu dari Superman versi Kal L, yang memiliki nama asli Kara Zor L dari Planet Krypton, dan memakai nama bumi Karen Starr.



Dawnstar

Terbit pertama kali pada April 1977, diciptakan oleh Paul Levitz dan Mike Grell. Ia merupakan superhero wanita yang berasal dari Planet Starhaven, dengan kemampuan terbang melebihi kecepatan cahaya.



Huntress

Terbit pertama kali pada Desember 1977, diciptakan oleh Paul Levitz, Joe Staton, dan Bob Layton. Versi pertama memiliki nama asli Helena Wayne, yang merupakan anak perempuan Batman dan Catwoman. Versi kedua memiliki nama asli Helena Bertinelli, anak seorang bos mafia dari Kota Gotham.