2 Sep 2014

Parade Superhero Marvel Comics

Jika pada catatan sebelumnya saya menyajikan para superhero yang pernah diterbitkan DC Comics, maka perusahaan komik Amerika lainnya yang tidak kalah dalam menerbitkan jagoan-jagoan super populer mendunia adalah Marvel Comics. Berikut adalah beberapa superhero yang pernah diterbitkannya, dan saya urutkan berdasarkan tahun kemunculannya pula,



Captain America

Memiliki nama asli Steve Rogers, terbit pertama kali pada Maret 1941, yang diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby. Ia mendapatkan kekuatannya setelah melalui rekayasa laboratorium yang dilakukan pihak Angkatan Bersenjata Amerika. Ia juga menjadi pemimpin grup superhero bernama Avengers.



Fantastic Four

Terbit pertama kali pada November 1961, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Fantastic Four merupakan grup superhero yang terdiri atas Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing.



Hulk

Terbit pertama kali pada Mei 1962, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia memiliki nama asli Bruce Banner yang mengalami kecelakaan terkena radiasi sinar gamma sehingga jika marah bisa berubah menjadi monster berwarna hijau dan berkekuatan dahsyat.



Spider-Man

Memiliki nama asli Peter Parker, terbit pertama kali pada Agustus 1962, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Ia seorang pemuda yang mendapatkan kekuatan super setelah digigit seekor labah-labah aneh.



Thor

Terbit pertama kali pada Agustus 1962, diciptakan oleh Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby, yang terilhami oleh dewa bangsa Skandinavia. Ia memiliki senjata berupa palu godam bernama Mjolnir.



Iron Man

Memiliki nama asli Anthony Edward “Tony” Stark, terbit pertama kali pada Maret 1963, yang diciptakan oleh Stan Lee, Larry Lieber, Don Heck, dan Jack Kirby. Ia seorang pemimpin perusahaan senjata yang diculik teroris dan berhasil membebaskan diri dengan menciptakan pakaian tempur berkekuatan super.



Professor X

Memiliki nama asli Charles Francis Xavier, terbit pertama kali pada September 1963, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia merupakan ketua dan pendiri grup superhero X-Men yang memiliki kemampuan mengendalikan pikiran orang lain.



Cyclops

Memiliki nama asli Scott Summers, terbit pertama kali pada September 1963, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan memancarkan sinar laser dahsyat melalui mata.



Iceman

Memiliki nama asli Robert Louis “Bobby” Drake, terbit pertama kali pada September 1963, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan mengendalikan es.



Marvel Girl alias Phoenix

Memiliki nama asli Jean Grey, terbit pertama kali pada September 1963, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan telepati dan telekinetik.



Daredevil

Memiliki nama asli Matthew Michael “Matt” Murdock, terbit pertama kali pada April 1964, yang diciptakan oleh Stan Lee dan Bill Everett. Ia merupakan sosok superhero tunanetra.



Valkyrie

Memiliki nama asli Brunnhilde, terbit pertama kali pada Desember 1970, yang diciptakan oleh Roy Thomas dan John Buscema. Ia merupakan superhero wanita yang dikisahkan berasal dari Asgardia, yaitu negeri yang sama dengan Thor.



Shanna the She Devil

Memiliki nama asli Shanna O'Hara Plunder, terbit pertama kali pada Desember 1972, yang diciptakan oleh Carole Seuling dan George Tuska. Ia dikisahkan sebagai anak seorang penambang berlian yang lebih tertarik hidup di belantara meskipun pernah mengenyam pendidikan di kota.



Wolverine

Memiliki nama asli James “Logan” Howlett, terbit pertama kali pada Oktober 1974, yang diciptakan oleh Roy Thomas, Len Wein, dan John Romita Sr. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki cakar dari logam adamantine dan memiliki kemampuan menyembuhkan diri sendiri.



Storm

Memiliki nama asli Ororo Munroe, terbit pertama kali pada Mei 1975, yang diciptakan oleh Len Wein dan Dave Cockrum. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan mengendalikan badai dan halilintar.



Psylocke

Memiliki nama asli Elizabeth “Betsy” Braddock, terbit pertama kali pada 1976, yang diciptakan oleh Chris Claremont dan Herb Trimpe. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan mencipatakan pedang samurai psikis dan ahli beladiri.



Ms Marvel

Memiliki nama asli Carol Danvers, terbit pertama kali pada Januari 1977, yang diciptakan oleh Roy Thomas dan Gene Colan. Pada perkembangan selanjutnya, ia berganti julukan menjadi Captain Marvel.



White Queen

Memiliki nama asli Emma Frost, terbit pertama kali pada Januari 1980, yang diciptakan oleh Chris Claremont dan John Byrne. Pada mulanya ia seorang penjahat wanita yang kemudian menjadi anggota X-Men dengan kemampuan menciptakan perisai intan melindungi badan.



Elektra

Memiliki nama asli Elektra Natchios, terbit pertama kali pada Januari 1981, yang diciptakan oleh Frank Miller. Ia merupakan kekasih Daredevil yang memiliki senjata khas berupa sepasang trisula.



Rogue

Memiliki nama asli Anna Marie, terbit pertama kali pada November 1981. Ia merupakan anggota X-Men yang memiliki kemampuan menghisap dan menggunakan kekuatan orang lain yang disentuhnya.







.